Selamat Datang

Senin, 28 Oktober 2013

KATA PENGANTAR #

    Puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nyalah penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil membaca ini. Laporan ini disusun dengan mengacu pada Penerapan Teknik Power Reading yang meliputi laporan mengenai alokasi waktu yang diperlukan dalam setiap lembar, setiap bab dan keseluruhan isi buku serta membuat gambaran umum mengenai isi buku yang berjudul Profesi Kependidikan melalui sketsa.
Ucapan terimakasih selaku penyusun saya tujukan kepada semua pihak yang telah mendukung dalam penyelesaian laporan ini, terutama kepada dosen mata kuliah Membaca Lanjut yang telah memberikan bimbingan kepada saya yaitu Bapak Dr. Amiruddin Rahim. M. Hum.
Penulis menyadari penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan masukkan yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan laporan berikutnya sangat diharapkan. Penulis juga berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.



Kendari, 1 November 2012

Penulis,




        DATA  BUKU

Dalam penerapan teknik power reading data buku yang digunakan yaitu:
Judul buku        : Profesi Kependidikan
Pengarang        : Dr. H. Khairil
Jumlah BAB    : XIV bab
Jumlah halaman    : 238  halaman
Penerbit        : Alfabeta



1.    PROSES TRANSFORMASI PENGETAHUAN
1.1    Alokasi  Waktu Membaca Super

1.    Waktu yang saya butuhkan untuk menciptakan gambaran keseluruhan buku Profesi Kependidikan adalah 3 menit dengan membaca anotasi yang terletak di bagian belakang buku.
2.    Untuk melihat manfaat buku, saya butuhkan waktu 10 detik setiap halaman dan saya dapat menarik kesimpulan bahwa buku Profesi Kependidikan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya karena serpihan buku ini sangat layak dibaca oleh mahasiswa yang menekuni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sangat relevan dengan kondisi yang tengah dihadapi oleh pendidik di Indonesia.
3.    Saya membuat sketsa dari setiap bab, kemudian saya rangkum menjadi satu dan membutuhkan waktu 4 menit setiap bab.
4.    Pada setiap bab beberapa pertanyaan dan rata-rata saya membutuhkan waktu 3 menit setiap bab.
5.    Saya membaca setiap teks dalam buku Profesi Kependidikan dan membutuhkan waktu 7 menit setiap bab. Saya membaca setiap paragraf dengan hanya membaca gagasan utamanya.
6.    Saya ulangi kembali dan meninjau kembali kata-kata sulit yang terdapat dalam sebuah bab. Dan setiap bab saya membutuhkan waktu 3 menit.
7.    Saya juga membuat berbagai catatan-catatan yang saya anggap penting dan setiap bab saya membutuhkan waktu 3 menit.
8.    Saya mengulangi bacaan saya setiap hari dan kembali melihat catatan-catatan bahan selama 10-15 menit setiap hari.

1.    Waktu untuk seluruh buku = 3’+4’+56’+42’+98’+42’+42’+15= 260 Menit/ 4,4 Jam
2.    Waktu untuk setiap BAB    = 20 Menit
3.    Waktu untuk setiap lembar    = 1 Menit
4.    Waktu untuk setiap halaman= 30 Detik



1.2    Memahami Isi Buku
1.    Gambaran umum isi buku

Anotasi
Merujuk pada kurikulum dan aneka silabus profesi kependidikan yang banyak dikembangkan di perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan guru dan tenaga kependidikan, menu sajian buku yang dihadirkan di haribaan pembaca disajikan seperti berikut ini. Pertama, esensi dan ranah profesi kependidikan. Kedua, guru dan tenaga kependidikan profesional. Ketiga, profesi dan prinsip-prinsip profesionalitas. Keempat, pendekatan pelembagaan profesi dan ranah pengembangan keprofesian guru. Kelima, pengembangan profesi dan karir, serta kesamaan hak atas pengembangan profesi dan karir, serta kesamaan hak atas pengembangan. Keenam, prinsip dan jenis kegiatan kengembangan profesi dan karir. Ketujuh, profesionalisasi kidang keadministrasian pendidikan dan keprofesian bidang kekepalasekolahan. Kedelapan keprofesian bidang kepengawasan sekolah serta profesi supervor dan supervisi pembelajaran, termasuk supervisi klinis.kesembilan, keprofesianbidang bimbingan dan konseling serta ketatalaksanaan pendidikan. Kesepuluh tugas keprofesian untuk implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Serpihan-serpihan buku ini sesungguhnya merupakan bahan sajian kuliah penulis ketika mengajar di lembaga masing-masing. Setelah dielaborasi sedemikian rupa, buku ini dikemas untuk khalayak pembaca secara seluas-luasnya. Siapa yang menjadi target utama buku ini? Buku ini layak dibaca oleh mahasiswa yang menekuni matakuliah profesi kependidikan dan matakuliah lain yang relevan. Guru, pengawas sekolah dan kepala sekolah yang akan mengambil manfaat dari buku ini, karena dipandang sangat relevan dengan fungsi mereka sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Pendidik yang banyak berinteraksi dengan peserta didik pada pendidikan anak usia dini (PAUD), dosen, widyaiswara penilik, tutor, instruktur,pamong belajar, penyuluh, dan lain-lain diundang untuk membaca buku ini, khususnya berkaitan dengan isu-isu keprofesian pendidikan dalam kerangka berinteraksi dengan peserta didik atau peserta pelatihan. Oleh karena menu sajian buku berkaitan dengan masalah keprofesian, tentu saja semua pihak akan memperoleh manfaat tersendiri dengan membaca buku ini.

2.    Manfaat Buku
Buku Profesi Kependidikan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya karena serpihan buku ini sangat layak dibaca oleh mahasiswa yang menekuni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sangat relevan dengan kondisi yang tengah dihadapi oleh pendidik di Indonesia.

3.    Sketsa buku keseluruhan






4.    Pertanyaan dari setiap bab
BAB I Esensi dan Ranah Profesi Kependidikan   
a.    Jelaskan ranah profesi kependidikan!
b.    Apa peran guru dan tenaga kependidikan?
c.    Sebutkan  prinsip-prinsip profesi kependidikan!
BAB II Pendekatan Pelembagaan Profesi
a.    Apa itu pendekatan karakteristik?
b.    Bagaimana pendekatan institusional?
c.    Bagaimana pendekatan legalistik?
BAB III Ranah Pengembangan Keprofesian Guru   
a.    Apa saja yang termuat dalam penyediaan guru?
b.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan induksi guru pemula!
c.    Bagaimana profesionalisasi guru berbasis lembaga?
d.    Bagaimana profesionalisasi guru  berbasis individu?
BAB IV Pengembangan Profesi dan Karir
a.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan fokus pengembangan?
BAB V Prinsip dan Jenis Kegiatan Pengembangan
a.    Jelaskan prinsip-prinsip pengembangan!
b.    Sebutkan jenis-jenis kegiatan pengembangan!
BAB VI Peran dan Tugas Guru   
a.    Apa saja peran guru di sekolah?
b.    Sebutkan perluasan peran guru!
c.    Apa saja tugas guru?
BAB VII Profesionalisasi Bidang Keadministrasian Pendidikan
a.    Apa esensi administrasi pendidikan?
b.    Jelaskan yang dimaksud dengan administrasi atau manajemen pendidikan!
c.    Sebutkan dua pendekatan keadministrasian pendidikan!
BAB VIII Keprofesian Bidang Kekepalasekolahan
a.    Apa fungsi kepala sekolah
b.    Apa saja langkah-langkah dalam peningkatan mutu?
BAB IX Keprofesian Bidang Kepegawaian Sekolah
a.    Apa saja tugas pokok kepala sekolah?
b.    Sebutkan kewenangan kepala sekolah
BAB X Profesi Supervor dan Supervisi Pembelajaran
a.    Definisikan supervisi!
b.    Sebutkan tujuan supervisi!
BAB XI Profesi Supervisor Klinis untuk Perbaikan Pembelajaran
a.    Sebutkan definisi supervisi klinis!
b.    Sebutkan prinsip-prinsip supervisi klinis!
BAB XII Keprofesian Bidang Bimbingan dan Konseling
a.    Apa yang di maksud dengan urgensi layanan guru bimbingan konseling!
b.    Bagaimana pengawas bimbingan dan konseling!
BAB XIII Keprofesian Bidang Ketatalaksanaan Pendidikan
a.    Sebutkan esensi penatalaksanaan sekolah!
b.    Apa fungsi tatalaksana sekolah
BAB XIV Tugas Keprofesian untuk Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
a.    Sebutkan definisi dan prinsip KTSP!
b.    Sebutkan langkah-langkah pengembangan silabus!


5.    Membaca Setiap Paragraf dengan Hanya Membaca Gagasan Utamanya
Beberapa gagasan utama yang saya simpulka setelah membaca buku Profesi Kependidikan adalah:
1.    Ruang lingkup ranah profesi kependidikan
2.    Jenis-jenis tenaga kependidikan
3.    Tugas –tugas yang diemban pendidik
4.    Guru sebagai tenaga kependidikan yang profesional
5.    Kedudukan guru dalam pendidikan
6.    Peningkatan kompetensi guru
7.    Pentingnya profesionalitas guru
8.    Kemampuan penguasaan materi oleh pendidik
9.    Kriteria kompetensi guru
10.    Perlindungan hukum terhadap profesi guru
11.    Pendidikan adalah instrumen terpenting
12.    Penyandang profesi disebut profesional
13.    Fungsi Pendidikan institusional
14.    Fungsi Pendekatan legalistik
15.    Kompetensi guru adalah faktor terpenting dalam efektifitas pembelajaran
16.    Ranah pengembangan guru
17.    Guru harus memiliki kualifikasi akademik
18.    Induksi guru pemula
19.    Tujuan dan sasaran pendidikan dan pelatiha guru
20.    Profesionalisasi guru berbasis individu
21.    Ciri-ciri umum guru profesional
22.    Kode etik guru Indonesia
23.    Pengembangan profesi dan karir
24.    Pendididkan pelatihan dan pengembangan kompetensi guru
25.    Fokus pengembangan kompetensi guru
26.    Kompetensi kepribadian guru
27.    Kompetensi profesional guru

6.    Meninjau Kata-Kata Sulit yang Terdapat Dalam Sebuah Bab


7.    Membuat Berbagai Catatan-Catatan yang Dianggap Penting

BAB I  Esensi dan Ranah Profesi Kependidikan   
Tenaga kependidikan termaktub dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas yaitu:
1.    Tenaga kependidikan terdiri atas tenaga pendidik, pengelola satuan pendididkan penilik, pengawas, peneliti, dan pengembang di bidang pendidik, pustakawan, laboran, teknisi sumber belajar, dan penguji.
2.    Tenaga pendidik terdiri atas pembimbing, pengajar dan pelatih.
3.    Pengelola satuan pendidikan terdiri atas kepala sekolah, direktur, ketua, rektor dan pimpinan satuan pendidikan luar sekolah.
BAB II Pendekatan Pelembagaan Profesi
Menurut R.D. Lansbury dalam Professionals and Management (1978) dalam konteks profesionalisasi istilah profesi dapat dijelaskan dengan tiga pendekatan (approach), yaitu pendektan karakteristik, pendekatan institusional, dan pendekatan legalistik.
BAB III Ranah Pengembangan Keprofesian Guru








BAB IV Pengembangan Profesi dan Karir
Alasan esensial mengapa diperlukannya pembinan dan pengembangan guru adala karakteristik tugas yang terus berkembang seirama dengan perkembangan iptek, di samping reformasi internal pendidikan itu sendiri. Secera umum kegiatan ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu metode-metode praktis (on-the-jobtraining and development)dan teknik-teknik prestasi atau metode-metode simulasi (off-the-job training and development).
8.    Mengulangi Bacaan Setiap Hari

Saya mengulangi bacaan saya setiap hari dan kembali melihat catatan-catatan bahan selama 10-15 menit setiap hari.

2.    KESIMPULAN
Dari laporan hasil bacaan yang telah saya tulis yang mengacu pada teknik Power Reading, dapat ditarik beberapa kesimpulan, di antaranya:
1.    Metode power reading  ini sangat membantu saya menguasai isi buku yang berjudul Profesi Kependidikan.
2.    Kecepatan saya dalam membaca buku Profesi Kependidikan dengan metode power reading adalah:
a.    Waktu untuk seluruh buku = 3’+4’+56’+42’+98’+42’+42’+15= 260 Menit/ 4,4 Jam
b.    Waktu untuk setiap BAB    = 20 Menit
c.    Waktu untuk setiap lembar    = 1 Menit
d.    Waktu untuk setiap halaman    = 30 Detik

3.    SARAN

Saya menyarankan kepada pembaca untuk menggunakan metode ini karena memiliki banyak kelebihan. Dengan menggunakan metode power reading kita dapat lebih cepat memahami isi buku dengan total dan terperinci karen disertai dengan catatan dan bagan-bagan yang membantu kiat agar lebih mampu menguasai isi buku dengan waktu yang relatif singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar